Premium Wordpress Themes
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » IBRAH » Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

(583 Views) Mei 24, 2016 3:00 am | Published by | No comment

keutamaan puasa dan bulan ramadhan

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

✒ Oleh :Al Ustadz Abu Hufaizhah Al Maidany Hafizhahullah.

🌈 Saudaraku kaum muslimin, tanpa terasa beberapa langkah lagi “dengan idzin Allah Ta’ala” kita akan memasuki bulan yang kita tunggu-tunggu, bulan yang penuh berkah, ampunan, rahmat, kemuliaan dan kebaikan-kebaikan.

💬🍴🍲 Sepertinya baru saja kita beranjak darinya, masih terbayang di benak nikmatnya qiyamul lail bersama, berkumpul menunggu alunan azdan petang dikumandangkan, berkumpul dengan keluarga menikmati hidangan sahur, dan suasana-suasana yang tentunya tidak ada dibulan-bulan lainnya.

💠Saudaraku kaum muslimin, Allah Ta’ala memberikan banyak sekali keutamaan di bulan ramadhan, diantanya adalah:

🔸Bulan diturunkannya Al-Qur’an
🔸 Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia.

📗 Allah Ta’ala menurunkan kitab Al-qur’an Al-karim pada bulan ini. Disebutkan oleh Allah Ta’ala dalam firman-nya, yang artinya:
“Bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk tersebut, dan pembeda antara yang haq dan yang bathil.”(QS. Al Baqarah [2]: 185)

📝Ibnu Katsir rahimahullah tatkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan,” (dalam ayat ini) Allah Ta’ala memuji bulan puasa-bulan ramadhan-dari bulan-bulan lainnya. Allah Ta’ala memuji bulan ini karena Alla Ta’ala memilihnya sebagai bulan diturunkan Al-Qur’an di dalamnya. Sebagaimana juga pada bulan ramadhan ini diturunkan kitab ilahiyah lainnya pada para nabi ’alaihimussalam.” (Tafsirul Qur’anil adzim, 1/501, Darut Thayyibah).

✒Syaikh Abdurrahman as sa’di rahimahullah mengatakan tentang ayat ini,” Bulan yang mulia, yang terdapat bagi kalian di dalamya kebaikan yang besar dari Allah Ta’ala, yaitu Al-Qur’an al-karim, didalamnya terdapat petunjuk kebaikan-kebaikan bagi kalian di dunia dan akhirat, dan penjelasan tentang al haq (kebenaran) dengan penjelasan yang paling jelas, dan pembeda antara yang haq dan yang bathil, petunjuk dan kesesatan, orang-orang yang berbahagia dan yang celaka.”(Taisirul karimirrahman, hal.86, Daar ibnu Haitsam).

🚪🔓🔒 Pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, serta para setan dibelenggu.

💎Hal ini berdasarkan apa yang dijelaskan oleh nabi shalallahu ‘alai wa sallam, yang artinya:
“ Jika datang bulan ramadhan, maka pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.” (Bukhori:1899,Muslim: 1079).

📔Imam nawawi asy-syafi’I rahimahullah menjelaskan hadits ini, “berkata qadhi, yang dimaksud dengan pintu-pintu surga dibuka adalah Allah Ta’ala membukakannya untuk hamba-hamba-Nya yang melakukan ketaatan yang tidak ada pada bulan lainnya.”(Syarah shahih muslim, VII/188).

📙Syaikh Muhammad bin sholeh Al-utsaimin rahimahullah menjelaskan hadits ini,” Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini kerena banyaknya amalan-amalan shaleh, dan juga untuk memotivasi umat islam untuk beramal. Pintu-pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dilakukan orang yang beriman. Setan-setan diikat kemudian dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti bulan yang lainnya.”(Majalis syahrir ramadhan,hlm.4, wazarotul su’unil islamiyyah).

🌌Terdapat satu malam yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan
Pada bulan ini terdapat satu malam yang sangat agung dan mulia,yang lebih baik dari seribu bulan,yaitu malam lailatul qadar.
Allah Ta’ala berfirman yang artinya:
“sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-qur’an) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah lailatul qadar itu?lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan.”(QS.Al Qadr:1-3)
Allah Ta’ala juga menjelaskan yang artinya:
“Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan.”(QS.Ad Dukhan:3).

📘Ibnu jarir ath-thabari menyebutkan,bahwa yang dimaksud dengan malam yang diberkahi di sini adalah malam lailatul qadr, dan inilah pendapat mayoritas para ulama tafsir.

🗯Salah satu waktu dikabulkannya doa
Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam yang artinya:“sesungguh
nya Allah Ta’alamembebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan ramadhan, dan setiap muslim apabila ia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.”(Al Bazzar
:10/149).

🌹💎Allah ta’ala setiap hari menghiasi surga-Nya
Hal ini berdasarkan hadits nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya:
“…Allah ta’ala menghiasi surga-Nya pada setiap hari di bulan ramadhan,dan berkata: Hampir tiba saatnya bagi hamba-hambaKu yang shalih dibebaskan dari beban dan derita serta mereka menuju kepadamu (surga).”(As suyuti,khasais al kubro:2/359).

🌻Saudaraku kaum muslimin, itulah beberapa keutamaan yang sangat besar pada bulan ramadhan. Oleh karena itu janganlah kita sia-siakan kesempatan emas yang belum tentu akan kita dapatkan pada waktu yang akan datang. Mudah-mudahan Allah ta’ala memudahkan kita dalam beramal shaleh pada bulan tersebut, dan senantiasa memberikan taufiq dan hidayahNya kepada kita semua.Amin.

🌴 Allahu Ta’ala a’lam bis shawwab

✍ Al Ustadz Abu Hufaizhah Al Maidany Hafizhahullah.

Categorised in:

No comment for Keutamaan Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *